Studi: Tidur Siang Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Sabtu, 16 Maret 2019 - 14:08 WIB
Studi: Tidur Siang Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Studi: Tidur Siang Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi
A A A
JAKARTA - Tidur siang dinilai efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti di Asklepieion General Hospital di Voula, Yunani.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga atau pengendalian diet terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Tetapi, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkap bahwa tidur siang mungkin membantu meningkatkan tingkat energi.

“Tidur siang hari tampaknya menurunkan tingkat tekanan darah pada besaran yang sama dengan perubahan gaya hidup lain. Misalnya, pengurangan garam dan alkohol dapat menurunkan kadar tekanan darah hingga 3 [5 milimeter merkuri (mmHg)],” kata Dr. Manolis Kallistratos, salah satu peneliti, seperti dilansir The Indian Express.

Untuk melakukan penelitian, tim bekerja dengan melibatkan 212 peserta yang memiliki tekanan darah rata-rata 129,9 mm Hg. Sesuai Medical News, menurut pedoman dari National Heart, Paru, dan Darah Institute, seseorang memiliki tekanan darah tinggi jika pembacaan tekanan darah sistolik mereka (tekanan selama detak jantung) adalah 140 mm Hg atau lebih tinggi, dan bacaan mereka dari tekanan darah diastolik (tekanan antara detak jantung) adalah 90 mm Hg atau lebih tinggi.

Para peserta, rata-rata berusia 62 tahun, dan hampir satu dari empat di antara mereka merokok, memiliki diagnosis diabetes tipe 2, atau keduanya. (Baca juga: Efek Tak Tidur Sehari, mulai Jantung Koroner hingga Diabetes ).

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok peserta tidur siang dan lainnya tidak tidur siang. Para peneliti mengamati para partisipan lebih dari 24 jam dan mencatat pengukuran tekanan darah, durasi tidur siang mereka, pilihan gaya hidup umum mereka (seperti konsumsi alkohol dan aktivitas fisik), dan kecepatan gelombang nadi mereka, yang mengukur kekakuan arteri.

Faktor-faktor lain, seperti usia, jenis kelamin biologis, obat resep, dan pilihan gaya hidup yang dapat mempengaruhi tekanan darah, juga disesuaikan. Hasilnya ditemukan bahwa orang yang tidur siang mengalami penurunan tekanan darah sistolik 5,3 mm Hg, yang, menurut para peneliti, adalah sebanyak yang diharapkan seseorang ketika menggunakan obat tekanan darah atau membuat perubahan gaya hidup tertentu untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, terlihat bahwa tambahan 60 menit waktu tidur siang hari ditemukan mengurangi rata-rata tekanan darah sistolik 24 jam sebesar 3 mm Hg. (Baca juga: Fans Minta Nama Lee Jong Hyun Dihapus dari CNBLUE ).

Dr. Kallistratos menjelaskan sesuai laporan yang sama bahwa mengonsumsi obat-obatan khusus dosis rendah dapat menurunkan tingkat tekanan darah seseorang rata-rata sekitar 5-7 mm Hg.

"Temuan ini penting karena penurunan tekanan darah sekecil 2 mm Hg dapat mengurangi risiko kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung, hingga 10 persen. Berdasarkan temuan kami, jika seseorang memiliki kemewahan untuk tidur siang, itu mungkin juga memiliki manfaat untuk tekanan darah tinggi," kata Dr. Kallistratos.

“Kami jelas tidak ingin mendorong orang untuk tidur berjam-jam di siang hari, tetapi di sisi lain, mereka seharusnya tidak merasa bersalah jika mereka dapat tidur sebentar, mengingat potensi manfaat kesehatan," tambahnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5457 seconds (0.1#10.140)